Kamis, 01 Januari 2009

Telepon Seluler:Teknologi Budaya dan Budaya Teknologi

PONSEL SEBAGAI TEKNOLOGI BUDAYA, BUDAYA TEKNOLOGI DITINJAU DARI PERSFEKTIF SOSIOLOGI


ISTILAH

  • Komunikasi : peristiwa pertukaran informasi atau berita yang berjalan dan terus menerus
  • 4 komponen terjadinya komunikasi : Pengirim berita (sumber), Pihak yang menerima berita, Isi berita, dan Media penyampai (transmisi)
  • Telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman, dan atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk benda, isyarat, tulisan, gambar, suara, dan bunyi melalui sistim kawat, optik, radio, atau sistim elektronik lainnya.
  • Budaya adalah hasil karya cipta manusia yang diperoleh dari hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian dan adat istiadat
  • Kebudayaan diciptakan dengan tujuan demi kepentingan dan peningkatan kesejahteraan hidup manusia


CIRI – CIRI BUDAYA

  • Menyeluruh,
  • Berkembang dalam ruang atau bidang geografis tertentu dan
  • Berpusat pada perwujudan nilai-nilai tertentu

WUJUD BUDAYA

  • Ide dalam tata hidup,
  • Tingkah laku dalam tata hidup,
  • Produk sebagai:
  1. Ekspresi pribadi
  2. Sarana hidup dan
  3. Nilai dalam bentuk

FUNGSI BUDAYA

  • Mendasari, mendukung, dan mengisi masyarakat dengan nilai-nilai hidup untuk dapat, Bertahan, Menggerakkan serta Membawa masyarakat kepada taraf hidup tertentu :
  1. hidup lebih baik,
  2. lebih manusiawi dan
  3. berperikemanusiaan.

PENYEBAB PERUBAHAN BUDAYA

Faktor Internal

  1. Bertambahnya atauBerkurangnya produk,
  2. Penemuan-penemuan baru (inovation),
  3. Pertentangan-pertentangan dalam masyarakat (konflik) dan
  4. Adanya pemberontakan atau revolusi.

Faktor Eksernal

  1. Perubahan lingkungan fisik manusia (bencana alam),
  2. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain dan
  3. Karena adanya peperangan.

PERKEMBANGAN PONSEL & TEKNOLOGI KOMUNIKASI

SEJARAH PERTELEPONAN

  • 2 Juni 1875, Alexander Graham Bel menemukan “electric speaking telepon”
  • 1888, Heinrich Hertz menemukan “perjalanan” gelombang yang melewati atsmosfir
  • 1910, Lars Magnus Ericcson menemukan peralatan Telegraph
  • 1921 Depertemen Kepolisian Detroit Michigan menggunakanTelepon Mobile
  • 1967, Westerlund mendirikan perusahaan transmisi (NOKIA)
  • 1969, Telepon seluler dikomersialkan oleh AT&T
  • 1973, Motorola menciptakan telepon genggam

PERKEMBANGAN TELEPON DI INDONESIA

  1. 1974, telkom diberikan wewenang untuk menyelenggarakan telekomunikasi untuk umum di Indonesia
  2. 1980, Indosat berdiri
  3. 1990, Berdirian perusahaan radio Panggilan
  4. 1995, Telkomsel berdiri sebagai perusahaan pertama seluler di Indonesia
  5. 2006, Smart Telecom berdiri sebagai perusahaan seluler CDMA 2000 1x terakhir di Indonesia

MOBILE BROADBAND SERVICE

  1. Indonesia leads South East Asia” in adopting mobile broadband services
  2. Jumlah koneksi HSPA melebihi koneksi Fixed BB, 315,000 koneksi HSPA dibandingkan dg 300,000 koneksi fixed-broadband pada akhir 2007
  3. 5.5 juta pelanggan 3G (June 2008)

INTERNET

Indonesia – pengguna berat dari Mobile Internet

  1. Yahoo!Go
  2. 1 in Asia
  3. 3 Worldwide
  4. AdMob
  5. 2 Worldwide
  6. myGamma
  7. 1 Top ten list by advertising page view and percent year-on-year growth
  8. Opera Mini
  9. 2 In Opera Mini worldwide traffic (63% traffic = social networking sites)
  10. Taptu
  11. Taptu user base worldwide

SOSIAL NETWORK

  1. Friendster:
  2. 1 in Asia (12 juta anggota dari total 75 juta

BISNIS TELEKOMUNIKASI

Dipengaruhi oleh:

  • Regulasi
  • Kemajuan Teknologi
  • Permintaan Pelanggan

DAMPAK PONSEL & TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI TERHADAP
EKONOMI & BUDAYA

PENGARUH TERHADAP EKONOMI

  • Pertumbuhan telekomunikasi sebesar 1% secara langsung atau tak langsung memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 3% (ITU).
  • Peningkatan aktivitas perdagangan akibat pertumbuhan telekomunikasi
  • Penyerapan Tenaga Kerja ( padat karya )

TELEKOMUNIKASI & BUDAYA

  • Internet pemicu antisocial behavior
  • anonymous
  • tidak bertatap muka secara langsung
  • Budaya kita?
  • tidak/kurang belajar dari sejarah
  • suka jalan pintas

PENGARUH PADA BUDAYA SOSIAL

  1. Aktor (means) pengubah dan sekaligus sebagai Sasaran (ends) dari perubahan
  2. Memudahkan aktivitas manusia
  3. Penyebab kesenjangan ekonomi dan sosial.
  4. Teknologi tepat guna menjadi tidak popular

PENGARUH PADA BUDAYA BIROKRAT

  1. Budaya terbuka
  2. Disiplin
  3. Tertulis
  4. Hirarki --> Jaringan
  5. Berbagi Informasi
  6. Gagap Teknologi
  7. Loncatan budaya

PENGARUH PADA BUDAYA BISNIS

  1. e-Biznis baru
  2. Pangsa Pasar baru
  3. Riset Pasar murah
  4. 24 jam /7 hari
  5. Ubiquitous: every one, every where & every time
  6. Gagap Teknologi
  7. Loncatan budaya
  8. Ancaman Global

PENGARUH PADA PENDIDIKAN

  • Dampak Positif
  1. Perubahan sarana belajar
  2. Kemudahan mendapat informasi dan bahan belajar
  3. Munculnya sarana belajar online (e-learning)
  4. Luas jangkauan komunitas dan interaksi
  5. Knowledge sharing
  6. Peningkatan Social interactions, walaupun secara online
  7. Budaya dengar ke budaya menonton Sarana video, televisi
  8. Collaborative and participatory
  9. Belajar mandiri
  • Dampak Negatif
  1. berkurangnya nilai kemanusiaan
  2. Jarangnya interaksi secara fisik
  3. ikatan emosi dan penghargaan kepada guru akan berkurang
  4. perubahan mental siswa karena pornografi melalui internet

Profil PT. Indoprima Mikroselindo (PRIMASEL)

  1. Memiliki Ijin Penyelenggaraan Telekomunikasi Bergerak Seluler dengan alokasi pita frekuensi 1903.125 – 1910 MHz berpasaangan dengan frekuensi 1983.125 – 1990 MHz (5 Carriers) berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 177/KEP/M.INFO/10/2006 tanggal 8 Desember 2006 dan beroperasi secara Nasional.
  2. Mendapatkan ijin peggunaan kode akses 0881 & 0882 pada bulan Februari 2004
  3. Penetapan SPC # 12 pada bulan Juli 2004
  4. Penetapan MNC # 9 pada bulan Oktober 20005
  5. Memiliki Ijin Stasiun Radio untuk BTS dalam rangka Komersial dan selanjutnya dalam rangka pengembangan BTS skala nasional.

Corporate Business Solution

Smart Telecom - Corporate Business Solution (CBS), adalah untuk melayani segmen pelanggan korporat. CBS mempunyai misi untuk melayani kebutuhan telekomunikasi baik data dan suara dengan cara memberikan solusi yang terbaik bagi pelanggan. CBS juga bisa memberikan solusi yang dapat disesuaikan (customize) dengan kebutuhan khusus yang dimiliki oleh pelanggan korporat.
Untuk memberikan pelayanan yang terbaik, CBS Account Manager secara khusus melayani dan sekaligus berfungsi sebagai konsultan dalam memberikan solusi terbaik bagi berbagai masalah telekomunikasi yang dihadapi oleh pelanggan korporat. Juga terlibat aktif dalam memajukan usaha pelanggannya dengan cara memberi masukan, ide-ide untuk pengembangan bisnis dan memberikan komitmen yang tinggi atas kualitas produk serta layanan dari Smart Telecom.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CBS Account Manager kami.
Solusi CBS meliputi
1. Voice Services
2. Connectivity Services
3. Leveraging Services

Paket Pascabayar Smart

Keuntungan berlangganan Smart Pascabayar

  1. Gratis Kartu Perdana pascabayar
  2. Tarif terhemat untuk telepon dan SMS
  3. Tarif flat sejak menit pertama untuk percakapan lokal ataupun interlokal ke sesama smart maupun lintas operator.
  4. Paket istimewa Smart Pasca Bayar

Paket Prabayar Smart

Registrasi Prabayar
SMS ke 4444
Daftar*tipe dokumen (KTP/SIM/Passport)*nomor dokumen*
nama lengkap*jenis kelamin (L/P)*tempat lahir*tanggal lahir
(dd.mm.yyyy)*pekerjaan*alamat lengkap*kota

IDD (01033)

Nikmati komunikasi ke luar negeri dengan tarif yang hemat dengan menggunakan akses 01033 Smart untuk menghubungi nomor kantor, rumah atau ponsel di luar negeri menggunakan akses IDD 01033 Smart dengan tariff mulai dari Rp 1.000 per menit.

Cara menggunakan IDD 01033

Smart M@il

  • Smart M@il adalah layanan yang memungkinkan pelanggan Smart untuk mengakses mail secara mobile kapan saja dan di mana saja sejauh dalam jangkauan layanan data Smart dengan menggunakan fasilitas WAP yang terdapat dalam handset.

    Melalui layanan Smart M@il, Anda akan menerima notifikasi (alert) melalui SMS jika ada e-mail baru yang masuk ke mailbox Anda.

    Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat dalam layanan Smart M@il:

1. Account email dengan kapasitas 30MB
2. Akses maksimum 2 email POP3/IMAP
3. Alert pada saat menerima email baru
4. Baca, tulis, balas dan meneruskan email
5. Membuka attachment gambar dan PDF
Biaya berlangganan Rp. 20.000,-/bulan (belum termasuk PPn) dan layanan ini hanya dapat berfungsi optimal bagi pelanggan yang memiliki handset dengan WAP browser (Haier D1200P, Nokia, dan lainnya).

Smart Coverage

Smart Telecom direncanakan akan beroperasi di seluruh wilayah Indonesia meliputi pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya.

Berikut area-area jangkauan komunikasi Smart :

  1. Java 1 : - Jakarta - Anyer - Bekasi - Bogor - Ciawi - Cikampek - Cikarang - Cilegon - Karawang - Merak - Pandeglang - Purwakarta - Serang – Tangerang
  2. Java 2 : - Bandung - Banjar - Ciamis - Cianjur - Cimahi - Cipanas - Cirebon - Garut - Indramayu - Kuningan - Majalengka - Padalarang - Pangandaran - Pelabuhanratu - Soreang - Subang - Sukabumi - Sumedang
  3. Java 3 : - Semarang - Banjarnegara - Banyumas - Blora - Boyolali - Brebes - Cilacap - Demak - Jepara - Karanganyar - Kebumen - Kendal - Kudus - Pati - Pekalongan - Pemalang - Purbalingga - Purwodadi - Purwokerto - Purworejo - Rembang - Salatiga - Solo - Sukoharjo - Tegal - Temanggung - Ungaran - Wonosobo - Yogyakarta - Bantul - Klaten - Magelang - Sleman - Wates - Wonogiri - Wonosari
  4. Java 4 : - Surabaya - Bangkalan - Besuki - Blitar - Bojonegoro - Bondowoso - Gresik - Jember - Jombang - Kediri - Lamongan - Lumajang - Madiun - Magetan - Malang - Mojokerto - Nganjuk - Ngawi - Pamekasan - Pasuruan - Ponorogo - Probolinggo - Sidoarjo - Sumenep - Tuban - Tulungagung + Bali : - Denpasar - Bangli - Kuta - Nusa Dua - Sanur - Singaraja - Tabanan


Tidak ada komentar: